Besi

Nawaitu, mulai Jum’at ini, terinspirasi dari pak blogger terkenal di gedung sebelah saya berniat memposting isi khutbah jumat yang saya ikuti dimanapun itu salah satu tujuannya buat tombo ngantuk saat mendengarkan khutbah. Kita mulai saja.

Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Al Hadid 25).

Diatas adalah terjemahan dari Q.S Al Hadid 25. Al Hadid berarti besi. Dijelaskan bahwa besi diciptakan oleh Allah padahal dalam penggalan ayat tersebut jelas bahwa dimulai dengan ‘Wa anzalna’ yang artinya “Dan Kami turunkan”. Berdasarkan penelitian science, sebenarnya besi memang diturunkan dari langit. Besi atau logam yang ada di bumi berasal dari bintang-bintang yang telah mati karena kehabisan bahan bakar (hidrogen) yang kemudian jatuh ke bumi.

Besi merupakan salah satu logam yang ada di bumi ini. Massa bumi sebagian besar disusun oleh logam ini. Sekitar 30% penyusun masa bumi adalah besi. Namun besi lebih banyak berada di inti bumi (core) bukan lapisan atas bumi. Dalam tabel sistem periodik unsur, logam ini berada di golongan tengah, golongan empat, dan diatara unsur yang ada di golongan empat ini besi terletak di tengah pula. Logam ini memiliki 26 elektron.

Advertisements

One Response to Besi

  1. faisol says:

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: