Angkot Cisitu-Tegalega

Inilah sarana transportasi yang banyak dipakai oleh mahasiswa ITB. Tidak mengerankan jika saat ngobrol dengan salah satu sopir angkot, beliau mengatakan bahwa penumpangnya didominasi oleh mahasiwa ITB. Katanya, 40% penumpang berasal dari kampus ini. Padahal angkot ini beroperasi dari Cisitu ke Tegalega sedangkan ITB terletak kurang lebih dari 2 kilometer dari Terminal Cisitu, hanya seperberapa dari jarak Cisitu-Tegalega. Hari libur merupakan saat-saat yang sangat dikawatirkan oleh angkot-angkot ini. Saat ITB libur jelas pengumpangnya turun drastis. Penumpangnya turun 40 persen, begitu juga pendapatanya. Saat hari Sabtu dan Minggu misalnya, namun beliau juga bercerita jika hari minggu mereka sedikit lega karena penumpang yang berasal dari ITB ini digantikan oleh pengumpang yang biasa memanfaatkan jasanya untuk liburan di Kebun Binatang.

Angkot-angkot ini beroperasi sekitar 8-10 perjalanan pulang pergi, dari jam lima pagi sampai jam sembilan malam. Ketika ditanya kenapa sebelum jam sembilan sudah jarang angkot beroperasi, beliau menjawab mereka merasa tidak enak dengan tukang ojek yang bergiliran mendapatkan penumpang, yang kebanyakan adalah penduduk asli di sekitar Cisitu. Selain itu penumpang juga sudah sepi, penumpang dari ITB sudah jarang setelah lewat jam tujuh malam.

Setiap harinya mereka menyetor 160 ribu, untuk biaya bensin mereka mengeluarkan 100 ribu. Sisanya yang masuk ke kantungnya sekitar 25-40 ribu. Saat ditanya, “Saat kondisi sepi dapat berapa pak?”,beliau menjawab “ Pintar-pintar saja untuk mengakalinya”, saya tidak paham dengan maksud jawaban Bapak ini. Beliau kemudian menuturkan, selama beliau mengoperasikan angkot ini hanya terjadi satu kali kenaikan tarif. Sedangkan harga kebutuhan pokok, sudah naik beberapa kali. “Beras saja sudah naik berapa kali coba?” tanyanya.

*Tanya-jawab ini terjadi beberapa hari sebelum kenaikan BBM.

Advertisements

4 Responses to Angkot Cisitu-Tegalega

  1. ikanteri says:

    Kynya skrg dr cisitu k ITB jd 1500 ya?
    I dr dpan rektorat k BEC jd 1500…
    SBYJK : Susah Bensin Yaaa…Jalan Kaki …

  2. hananto says:

    @ikanteri: yup…Jalan kaki? belum saatnya…

  3. xinuc says:

    Wis, engklek wae le…
    Sopo ngerti iso dadi juara kataman tingkat rt…

  4. errick says:

    wah iki, wakil rakyat yang merakyat luar biasa…

    perasaan angkot di bandung rutenya panjang2 banget ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: