Indosat Wireless Innovation Contest 2008: mobiLive

Kompetisi wireless yang diadakan Indosat ini saya ikuti, Alhamdulillah masuk 10 besar untuk kategori pengembangan aplikasi. Saya membuat aplikasi dengan judul “mobiLive”. Dengan persiapan yang megap-megap saya akhirnya pulang dengan status sebagai contestan saja. Padahal jika dihitung-hitung lumayan juga hadiahnya. Juara pertama dapat 30jt + bb, yang kedua dapet 25 +bb, yang ketiga 20 + bb. Tentu saja tahun depan hadiah akan naik.
Ada beberapa hal yang ingin saya sharing seputar pelaksanaan lomba ini :
1. Jika mengajukan aplikasi usahakan untuk membentuk tim, yang ternyata diperbolehkan oleh penyelenggara. Meskipun hanya diijinkan satu orang saja yang akan melakukan presentasi di final. Dengan membentuk tim, akan lebih mudah dalam pembangunan prototype yang akan dipresentasikan di final. Masa antara pengumuman 10 besar dan presentasi final sekitar 2 minggu, jadi semakin banyak resource, pembangunan aplikasi juga harusnya semakin mudah. Selain itu akan ada banyak ide-ide creative yang muncul dari setiap anggota tim. Apalagi jika tim terdiri dari beberapa orang yang memiliki background keilmuan yang berbeda-beda.

2. Dalam hal presentasi. Latih presentasi, misalnya dengan membentuk forum yang terdiri dari teman-teman. Coba presentasi dihadapan mereka. Seolah-olah teman kita tadi adalah juri IWIC. Biarkan teman-teman kita tadi bertanya untuk setiap aspek dari aplikasi. Selain akan melatih kita dalam hal presentasi, kita juga akan memperoleh masukan dari teman-teman kita tersebut. Jika mau lebih ekstrem lagi cari tahu tentang siapa yang menjadi juri. Mengenai latar belakang, background keilmuan, atau mungkin organisasi dimana juri tersebut bernaung. Pertanyaan memiliki korelasi dengan latar belakang penanya. Ada beberapa anggota juri yang tiap tahun kemungkinan sama. Pertanyaan juga mungkin sama. Ada pertanyaan yang kurang dipersiapkan jawabnya oleh peserta, yakni tentang aspek bisnis dari aplikasi. Coba gali lebih dalam mengenai aspek bisnis dari aplikasi yang akan kita bangun.

mobilive-iwic-presentation

Advertisements

2 Responses to Indosat Wireless Innovation Contest 2008: mobiLive

  1. anggriawan says:

    mantap lah kk..
    semoga menang IWIC.. ^^

    btw, met ultah yak.. 🙂

  2. hananto edy says:

    makasih anggri 😀

    lombanya dah slese kk 😦 tahun depan coba lagi mkn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: