So-rational Network

Beberapa saat yang lalu saya membaca Tarbawi Edisi 212 th. 11 Syawal 1430 di salah satu artikelnya yang berjudul “Teknologi Semestinya Mendekatkan”. Artikel ini dibuat oleh Bapak Edi Santoso. Ada satu paragraf yang menarik bagi saya :

“Banyak konteks yang hilang dari silaturahmi maya. Kita bisa melihat atau mendengar teman virtual, tetapi pasti tak bisa merasakan kondisi dia yang sesungguhnya. Apakah dia seceria foto yang diposting? Serasional ungkapan-ungkapan dalam status online-nya? Terlalu banyak pesan nonverbal yang hilang dari jangkauan kita sebagai teman.”

Yup, betul sekali yang ditulis oleh penulis, kadang kita dengan mudah menelan mentah-mentah informasi yang kita ambil dari “dunia maya” terutama yang berkaitan dengan social network. Padahal informasi yang dikandung belum tentu merepresentasikan siapa orang tersebut. Kita harus sadar character yang ditampilkan dalam dunia social network hanyalah second personality dari user terkait. Jadi boleh jadi kepribadian sesunggunya di lapangan bertolak belakang dengan karakternya di dunia maya.

Nobody KnowsPara ahli di bidang sosial network masih memiliki banyak PR, salah satunya bagaimana agar konteks dari pengguna bisa digali lebih dalam. Diketemukannya teknologi seperti Location Based Services (LBS) telah membantu dalam mengekploitasi konteks dari user yang bersangkutan. Tapi saya rasa ini belumlah cukup.

Dalam artikel itu juga ditulis tentang bagaimana kisah-kisah yang dapat dilakukan dalam mengenal seseorang: salah satunya dengan melihat kamar mandi dari orang yang bersangkutan. Status social ekonomi seseorang dapat dlihat dari peralatan mandi yang dipakai (benar ga ya pendapat ini? Jadi mikir). Saya juga pernah baca artikel, kepribadian seseorang juga dapat dilihat atau direpresentasikan melalui hal-hal sederhana yang dimiliki oleh orang tersebut. Misalnya saja, kita lihat dompet teman kita. Kita bisa melihat bagaimana kepribadiannya dari isi dompet tersebut (bukan hanya jumlah uangnya tapi juga surat-surat atau apa saja yang ada di dompetnya, trik ini boleh dipraktekin hehehe).

Teringat dengan sebuah kisah shahabat yang dijamin masuk surga oleh Rosulullah SAW. Saking ingin tahunnya amalan apa yang dilakukan sehingga dijamin masuk surga, ada shahabat lain yang menyelidiki dengan cara bertamu selama 3 hari. Karena kebersamaan selama 3 hari 3 malam dapat digunakan untuk mengetahui karakter dari orang yang bersangkutan (lengkapnya http://www.alfurqon.or.id/component/content/article/64-guru/286-orang-biasa-masuk-surga ).

Pelajaran yang dapat diambil dari postingan ini adalah: jangan menilai yang empunya blog dari tulisannya atau personality-nya di social network saja: bisa jadi dia tidak se-rasional atau se-ceria atau se-se yang lainnya, tapi kenali dengan berjumpa atau undanglah dia makan bareng hehehe.. Sudah siapkah kita enabling the Internet to Change the Way We Work, Live, Play, and Learn? (comot tagline-nya Cisco).

(*)gambar diambil dari http://www.slideshare.net/edte.ch/flattening-the-world-how-to-harness-web-20-tools-to-engage-learners-inside-and-outside-the-classroom-177746

Advertisements

5 Responses to So-rational Network

  1. anggriawan says:

    social networking itu kadang-kadang bikin “social not work” :P, kadang-kadang juga bisa bikin orang-orang yang anti-social jadi lebih socialized.. 😀
    balik lagi ke bagaimana orang yang memanfaatkannya sih.. ^^

  2. hananto edy says:

    sip.thx atas responnya kk anggri

  3. Esha says:

    Apapun bentuknya itulah silaturahmi maya…..tentunya itu tak kan bisa menyamai silaturahmi konvensional….toh dalam beberapa hal silaturahmi konvesnional pun sebenarnya penuh dengan basa basi…trim telah mampir di blog saya..saya lagi di Medan bos….ikut ngawal kerjaan yang dulu kita bahas di DRM……….

  4. errick says:

    salah, sing like this iku aku dudu firman…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: